Tips Umroh Bersama Anak

In Tips Umroh 156 views

Apakah Anda sedang merencanakan berwisata Umroh Bersama Anak diperjalanan Anda nanti? Jika memang anda hendak melaksanakannya, sepertinya anda perlu membaca artikel kami kali ini tentang bagaimana Tips Umroh Bersama Anak yang tentunya akan membuat anda nyaman selama perjalanan umroh nanti.

tips umroh bersama anak

Tips Umroh Bersama Anak

Jika Anda hendak Umroh Bersama Anak Anda sebaiknya pilih waktu keberangkatan di sekita bulan awal, jangan malah menunggu bulan Juni dan sesudahnya, hal ini dikarenakan cuaca disana panas sekali. Dua dari keponakan saya saja yang masih SD saat pergi kesana sampai merasa kapok dan nggak mau pergi umrah lagi karena mereka disana kepanasan yah walaupun biaya umroh 2018 memang lebih murah disaat itu. Ya ga bisa disalahkan juga sih, namanya juga merka masih anak-anak, mereka sepertinya belum bisa merasakan nikmatnya ibadah umroh itu sendiri. Jadi jangan sampai deh niat awal kita ingin memperkenalkan ritual yang sangat indah ini kepada anak – anak malah menjadikan momen yang bikin mereka trauma.

Persiapkan Semua Kebutuhan Umroh

Kemudian jangan lupa untuk mengecek penerbangan apa yang akan digunakan untuk ibadah umroh nanti. Pesawatnya jenis apa dan juga apakah ada inflight entertainment disaat penerbangan nanti? Saya saat itu menggunakan penerbangan dari maskapai Saudi Arabian Airlines dan mungkin kebetulan tidak ada inflight entertainment di dalam pesawatnya, karena penerbangan pada waktu itu berlangsung saat siang hari, jadi saya harus siap menghibur anak-anak selama penerbangan. Untung aja saya ada iPad dan iPhone yang memang selalu saya bawa. Bahkan sebelum berangkat saya sudah menyiapkan beberapa permainan yang saya download dengan paket internet simpati yang cukup murah. Saya bahkan tidak lupa membawa krayon, pensil warna dan juga buku mewarnai. Dan saya persiapkan mood mereka dengan baik dengan memberikan istirahat yang cukup sebelum keberangkatan agar mereka dapat ceria selama penerbangan yang memang notaben nya tidak ada hiburan selama didalam pesawat.

Mencari Hotel Terdekat Saat Umroh

Tanyakan juga seberapa jauh jarak hotel dengan masjid dan object wisata yang akan dikunjungi. Jarak hotel yang semakin mendekati masjid tentu saja akan sangat memudahkan anak-anak, karena mereka ga akan terlalu capek untuk bolak-baliknya. Apalagi saat beribadah di Mekah, yang areanya lebih luas dari tempat lain. Memang kami diberikan makan 3 kali sehari oleh penyedia layanan umroh, akan tetapi kita sering juga kok membeli makanan di luar, hal ini dikarenakan kami kadang ingin yang lebih praktis dan tentunya karna bosan dengan makanan yang disediakan dari pihak hotel. Jika kami mau makan malam kami jalan harus setelah Isya, yaitu sekitar pukul 21:30 waktu di sana. Kami sering sekali loh membeli makanan yang dijajakan di pinggiran masjid saja, di antara Maghrib dan Isya itu supaya selesai kami salat bisa langsung tidur di hotel.

Jangan Berangan Terlalu Tinggi

Manage your expectations. Disini kita perlukan sedikit bimbingan untuk anak Рanak kita agar mereka tidak berekspetasi terlalu tinggi. Kalo tawaf bareng anak-anak, nggak usah deh kita sebagai orang tua terlalu ngotot untuk dapat mencium Hajar Aswad atau bahkan mendapatkan saf pertama saat shalat di Raudhah. Duh, daripada mereka  kenapa-kenapa kan malah kasian, mendingan kita cari yang aman-aman saja deh. Pastinya umroh dengan membawa anak ini artinya kita nggak akan terlalu fokus atau mungkin dapat semaksimal kalau kita bandingkan saat beribadah sendiri.

Berdoa Saat Umroh

Momen untuk berdoa itu ga selalu disaat kita sedang shalat saja loh. Jam berapa pun dan kapan pun kita boleh pergi ke masjid dan berdoa disana. Dan karena anak saya yang masih kecil masih berumur 4 thun ditambah lagi saya kasihan kakaknya kurang tidur terus, pada hari keempat disana saya tinggal saja mereka berdua di hotel ketika saya akan melakukan tahajud dan salat Subuh dimasjid. Tapi sebelumnya sudah saya kasih tahu kalau saya dan mamanya hanya pergi sebentar saja ke masjid untuk beribadah.

Berwisata Sambil Beribadah Umroh

Supaya anak-anak tidak bosan saat kami ajak umroh bersama, mereka tentunya saya ajak juga jalan-jalan di area luar rutinitas ke masjid dan ibadah. Saya kadang mengajak mereka ketaman untuk sekedar makan es krim dan juga bahkan duduk di pelataran toko atau area luar masjid sambil melihat orang yang berlalu lalang.Pernah juga saya ajak mereka untuk memberi makan burung (terutama saat berada di Mekah, karna disana banyak sekali burungnya) sampai menunggangi hewan yang memebuat si kaka penasaran, yaitu unta. Sekali saya ajak abangnya untuk naik mobil ATV di Jabal Rahmah walaupun cuaca sedang panas. Dengan dibiarkan mereka untuk berlarian bebas, mereka juga sudah pasti senang.

Itulah sedikit cerita pengalaman saya bersama istri mengajak anak kami berlibur sambil beribadah. Mudah – mudahan artikel kami tentang tips umroh bersama anak kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang emang sedang merencakan kesana barang buah hati anda nanti.

Tags: #anak #masjid #mekah #tips umroh

author
Author: 
    Tempat Mustajab Untuk Berdoa Yang Perlu Kita Tahu
    Tempat Mustajab Untuk Berdoa Yang Perlu Kita Tahu
    Tempat Mustajab Untuk Berdoa – Haji dan
    Biro Perjalanan Umroh Terpercaya
    Biro Perjalanan Umroh Terpercaya
    Cara Memilih Travel Umroh Terpercaya – Saat

    Comments are closed.

    Must read×

    Top